Just another WordPress.com site

1. Kapan dan dimana dia memulai usaha ? apakah dengan usaha yang sama ?
 Bapak. Perry Tristianto memulai usahanya sejak ia masih kuliah dan membuka usaha Tahu Susu Lembang sejak tahun 2008 , dengan usaha yang berbeda yaitu berawal dari membuka factory outlet dan sekarang membuka usaha kuliner Tahu Susu Lembang.

2. Apakah dia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri ?
 Iya,Bapak.Perry Tristianto mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri, yang diolahnya sendiri .

3. Sumber modal awal usahanya adalah dana sendiri/dari luar? Sebutkan darimana dan berapa jumlahnya?
 Modal awalnya dari dana sendiri, berapa jumlahnya menurut hasil penelusuran saya tidak disebutkan jumlahnya. Namun dari luas tanah usaha TSL ini bisa diperkirakan modalnya sangat besar.

4. Dimana dia pada saat awal memasarkan produknya ?
 Awalnya usahanya ini dipasarkan disekitar Bandung tepatnya di jalan.Raya Lembang 177 kabupaten Bandung Barat.

5. Apakah menjual produk yang sama ?
 Tidak, dia menjual produk yang berbeda-beda, di Tahu Susu Lembang ini beliau menjual produk yang pada dasarnya dari bahan baku yang sama namun diolah menjadi beberapa variasi menu.

6. Siapa pemilik usaha tersebut saat awal dan pada saat sekarang?
 Sejak awal sampai sekarang pemiliknya adalah Bapak. Perry Tristianto.

7. Apa bentuk kepemilikannya ?
 Bentuk kepemilikan yang didirikan oleh bapak.perry tristianto adalah corporate THE BIG PRICE CUT GROUP.

8. Berapa tenaga kerja yang dipekerjakan saat awal dan sekarang ?
 Tenaga kerja yang dipekerjakan dari awal hingga saat ini > 50 pekerja.

9. Apakah ada system manajemen tertentu pada saat sekarang ?
 Dari dulu hingga sekarang usaha ini dibentuk, pemilik usaha Tahu Susu Lembang ini memiliki system magement THE BIG PRICE CUT GROUP nya. Untuk di TSL dia membagi beberapa bagian dari produksi produknya sampai pemasaran ke konsumennya.

10. Apakah ada orang yang ditunjuk sebagai ketua/koordinator dan bagaimana cara menunjukannya ?
 Tidak ada, semua kendali dipegang oleh bapak.perry sendiri. Sedangkan pegawainya berada diposisinya masing-masing sesuai job desk nya.

11. Apakah ada prestasi yang dicapai dalam usaha tersebut ?
 Belum ada prestasi significant dari usaha ini, mungkin dari pemilik TSL ini yang memiliki segudang prestasi yang bahkan dikenal sebagai rajanya factory outlet.

12. Menurut anda apakah usaha tersebut usaha sukses? Gunakan 7 aspek kelayakan usaha !
1. a. Aspek Pasar => Sempit (-) karena TSL ini belum membuka cabang lain
dan hanya berproduksi di satu tempat saja
b. Aspek Pemasaran => Modern (√) karena TSL sudah mempromosikannya ke
agen Tour and Travel serta rumah-rumah makan lainnya.

2. a. Aspek Teknik => TRADISIONAL mereka masih menggunakan alat-alat
b. Aspek Teknologi => serta teknik yang masih tradisional

3. Aspek Keuangan => Profit – TSL memiliki profit yang cukup banyak jika diliat
dari Pemasukan dan pengeluarannya (+)

4. a. Aspek Manajemen => TSL mempunyai Planning Organization Actuating
Controlling (POAC) yang bagus yaitu memiliki tujuan
yang jelas, mengelola Sumber Daya yang baik,
pelaksanaan kerja yang tepat serta adanya monitoring,
evaluasi dan tindak lanjut dari usahanya (+)

b. Aspek Organisasi => Struktur TSL yaitu secara lebar/Horizontal yaitu proses
dari produsen sampai ke konsumen akhir dan perantara
memiliki bagian pekerjaannya masing-masing (+)
5. Aspek Lingkungan => TSL memiliki kondisi bangunan yang megah seluas
2 hektar yang kini dijadikan sebagai tempat wisata (+)
Budaya yang masih melekat > 3 thn (+)
6. Aspek Hukum dan penguasaan Sumber Daya => Tetap (+)
7. a. Aspek Sosial => Tenaga Kerja -> ya (+)
b. Ekonomi => bayaran Tenaga Kerja => secara rutin (+)

Berdasarkan 7 Aspek diatas , menurut saya usaha ini termasuk dalam usaha yang sukses karena sebagian besar dari aspek tersebut memiliki nilai positif untuk usaha ini.

13. Menurut anda, apakah usaha tersebut dapat bertahan lamadan berkembang? Jelaskan!
 Menurut saya usaha ini akan tumbuh berkembang dan bertahan lama karena usaha ini memiliki criteria yang cukup memadai sebagai usaha yang layak dikembangkan. Dilihat dari 7 aspek yang dijelaskan di poin sebelumnya. Saran saya supaya usaha ini tetap bertahan yaitu dengan menambah varian inovasi produk baru, kemudian membuka outlet lagi diberbagai wilayah Indonesia bahkan mungkin diluar Negeri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: